Langkah mudah mengabadikan (mendownload) data pribadi di facebook

Tiga tahun lamanya saya malang melintang di situs jejaring sosial facebook. Banyak teman lama yang sudah lost contact bisa dijumpai kembali di sana. Banyak juga kenalan baru yang menjadi teman akrab di sana, banyak aktifitas dialog dan diskusi yang membuat kita, yang masih muda, menjadi banyak belajar untuk bertindak dewasa dalam mengutarakan pendapat, mengomentari orang, maupun cara-cara lain dalam tehnik berkomukasi yang luas dengan jangkauan orang tak terbatas. Begitu juga dengan kemudahan akses jaringannya, kita juga bisa mempostingkan berbagai ide dan pengalaman di sana secara cepat. Kita bisa menguji kekuatan ide dan hikmah yang diambil dari berbagai pengalaman kita di sana, sebab teman-teman kita bisa dengan leluasa mengkritisi dan menguji ide dan hikmah pengalaman kita tersebut. Bahkan jika boleh jujur, saya terilhami untuk masuk ke dunia blog pun secara langsung karena menemukan ilmu-ilmu dasar html di situs jejaring tersebut, sehingga dunia blog menjadi sesuatu yang menarik untuk saya coba selami.

Namun, di sisi lain saya juga menemukan beragam efek negatif dari situs jejaring sosial tersebut. Kebiasaan saya dalam membaca buku menjadi sangat tersita karena waktu luang saya malah banyak digunakan untuk mengobrol dengan teman-teman. Aktifitas tulis-menulis pun menjadi sulit karena ide lebih banyak dituangkan dalam kalimat-kalimat pendek, bukan dalam bentuk tulisan yang panjang seperti artikel di blog. Yang paling menyedihkan lagi, banyak pengalaman saya yang pada awalnya memiliki hubungan yang baik malah menjadi buruk karena banyak miscomunication, sehingga kejadian tersebut malah banyak menyita waktu saya untuk mengklarifikasinya. Terutama adanya kekentalan pemicu untuk tumbuh suburnya sifat riya, yang dilarang agama itu, yang hampir sulit untuk dihindari jika kita tidak pandai-pandai menyikapi dan memenejnya secara benar.

Adanya efek-efek negarif tersebut pada akhirnya menumbuhkan keputusan pada diri saya untuk menutup akun di sana. Hampir satu tahun saya memiliki niat untuk menutup akun facebook. Namun niat itu tak kunjung bisa diwujudkan. Alasan utamanya waktu itu, banyak file bagus yang saya simpan di sana yang belum bisa saya arsipkan, sehingga rasa sayang dan waswas apabila saya tutup akun tersebuta akan membuat file-file itu hangus menjadi pertimbangan mendasar bagi saya tidak mewujudkan niat itu.

Namun Alhamdulillah, setelah beberapa hari saya obrak abrik pasilitas yang ada di facebook, ternyata akhirnya saya menemukan juga cara mudah men-save data-data di facebook. Data-data seperti tulisan artikel, photo pribadi, photo kiriman dari teman, tulisan di kolom status, pesan, video, dan lain sebagainya, sebetulnya bisa kita save di harddist kita dengan cara sangat mudah, karena facebook sendiri sudah menyediakan layanan untuk melakukan hal itu.

Jika saudara belum tahu langkah-langkahnya, berikut cara melakukan hal tersebut.

  • Langkah Pertama, masuklah ke akun facebook sobat dengan menggunakan email dan password yang sobat sudah miliki.


  • Langkah Kedua, Setelah sobat berhasil masuk ( tentunya ke fb milik sobat, langkah selanjutnya adalah meng-klik Kolom "Account" atau "Akun" yang ada di pojok kanan atas halam facebook. Kemudian pilih tab "Account Setting" atau "Pengaturan Akun".





  • Langkah Ketiga, setelah muncul halaman "Pengaturan Akun", hal yang harus sobat lakukan selanjutnya adalah mencari kata "Download a copy of your Facebook data" atau "Unduh salinan data facebook Anda" yang letaknya persis di bawah deretan kolom pengaturan akun. Klik tulisan "Download a copy" atau "Unduh salinan" pada kalimat tersebut sehingga sobat akan diantarkan ke halaman yang menyediakan link downloadnya.






  • Langkah Keempat, Isilah kolom "Enter password" dengan kata sandi yang sobat gunakan apabila mau masuk ke facebook sobat, kemudian klik tombol "Continue".


    Jika sobat melakukan download archive ini adalah baru pertama kali, maka facebook akan meminta sobat untuk menunggu beberapa saat sampai pihak facebook mengirim email ke email sobat. Waktu saya melakukan cara ini, saya hanya butuh menunggu sampai 2 jam saja. Nanti di email tersebut sobat akan diberi tautan alamat (hipperlink)yang bisa mengarahkan sobat ke tempat di mana sobat bisa mendownload data-data fb sobat.








  • Selesai sudah cara-cara download semua data pribadi facebook.
    Alhamdulillah, dengan mengetahui cara tersebut, bertepatan dengan tanggal dipostingkannya artikel ini, saya kini sudah merasa leluasa dan lega untuk mewujudkan niat saya yang dulu itu (untuk menutup akun facebook), sebab data-datanya sudah bisa diamankan di komputer pribadi. Dan kini saya menjadi tahu kalau menonaktifkan akun fb secara sementara, data-data kita masih tetap utuh juga.. hehe

    Semoga berbagi pengalaman ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian yang memiliki keinginan yang sama dengan saya dalam mengarsifkan seluruh data pribadi yang ada di facebook.

    Semoga....!!

    SHARE ON:

    Penulis berusaha menulis di blog ini untuk berbagi pengalaman, wawasan, serta pemikiran yang dipandang layak untuk disebar luaskan. Aktivitas sehari-hari penulis aktif sebagai tenaga pengajar piket pada salah satu lembaga pesantren di Kab. Bandung, serta aktif sebagai anggota Komunitas Penulis Islam

      Blogger Comment

    0 comments:

    Posting Komentar

    Renungan
    Ada Konsekuensi logis yang berlaku di setiap permasalahan yang kita ambil. Orang yang sadar akan makna konsekuensi, tindakannya tidak akan lepas dari kontrol pertimbangan yang matang. Setidaknya, tindakannya tidak berakhir dengan penyesalan.
    Komentar saudara yang sarat dengan nilai, akan menjadi sumbangan berharga bagi penulis dan pembaca lainnya.