Tasawuf dan Akhlak Islam


Dahulu saya melakukan diskusi panjang dengan seseorang terkait tema kedudukan ilmu tasawuf dalam Islam. Diskusi itu saya tidak lanjutkan berhubung jalan diskusi tersebut akan terlalu alot jika di dalamnya masih harus mengurai persoalan-persoalan mendasar yang terkait –yang mau tidak mau harus difahami terlebih dahulu jika hendak mendapatkan pemahaman yang utuh mengenai persoalan tersebut.

Dari adanya diskusi tersebut, saya sadar betapa banyaknya ummat Islam yang belum memahami secara proforsional apa dan bagaimana kedudukan tasawuf dalam Islam. Masih banyak orang Islam yang memaknai ilmu ini bukan dari sisi filosofisnya sehingga pemahaman yang sebenarnya menjadi tertukar dengan phenomena yang ada. Untuk itu, meskipun saya bukanlah ahli dibidang ini, saya memiliki keinginan untuk berbagi sedikit pengetahuan saya terkait hal itu.



Berhubung kendala blogspot adalah tidak tersedianya kamar-kamar tersendiri bagi tema-tema berbeda, ruang ini penulis desain sebagai ruang untuk menghimpun postingan penulis terkait berbagai tema-tema tasawuf dan akhlak yang nantinya, dengan mengklik judul tema-tema terkait saudara sekalian akan dihantarkan pada posting yang membahasnya lebih lanjut.

Persoalan Mendasar Seputar SUFISME



Tema-tema terkait tasawuf yang sudah penulis rilish antara lain sebagai berikut:
  1. Apa Itu Tasawuf
  2. Sejarah Munculnya Kesadaran Tasawuf dalam Islam

Tema yang penulis sodorkan kepada pengunjung setia mungkin belum bisa memberikan kepuasan, berhubung belum finalnya pembahasan yang kami ketengahkan. Semoga ketidak puasan pengunjung sekalian akan menjadi pemecut bagi penulis untuk terus aktif memperjuangkan aktifitas ini.

Untuk menghindari besarnya kekeliruan yang timbul dari berbagai kekurangan penulis tersebut di atas, metode yang diketengahkan, penulis usahakan sebisa mungkin diambil dari sumber-sumber referensi utama, yang dipakai oleh para ilmuan sebagai rujukan utama dalam mengkaji dan menelaah persoalan ini. Dan jika dalam tulisan penulis ini terdapat kekeliruan dan kekurangan, dengan lapang dada dan tangan terbuka, forum komentar yang tersedia di blog tercinta ini penulis persilahkan untuk diisi dengan cara-cara yang tentu saja menjunjung tinggi nilai ilmiah..!

Bahan bacaan yang bisa saudara sekalian baca untuk memperdalam persoalan ini antara lain:
  1. Mohammad Iqbal (1992): Metafisika Persia; Suatu sumbangan untuk Sejarah Filsafat Islam, Mizan, Bandung
  2. Abul Qasim Abdul Karim Hawazin Al-Qusyairy An-Naisaburi (2002): Risalah Qusyairiyah; Sumber Kajian Ilmu Tasawuf, terj: Umar Faruq, Pustaka Amani, Jakarta




Persoalan Terkait Akhlak Islami



Akhlak dalam ajaran Islam tidak bisa dipisahkan dari ajaran-ajaran lainnya. Islam harus dilihat dari konsep kesatuan yang utuh jika hendak diketahui hakikat Islam sebenarnya, termasuk ajaran akhlak. Banyak Qaul yang mengecam orang yang ahli ibadah mahdhah tapi mengesampingkan akhlak di kehidupan sehari-harinya. itu berarti, kedudukan akhlak dalam Islam ini benar-benar menjadi suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari konsep ajaran islam yang lainnya.

SHARE ON:

Penulis berusaha menulis di blog ini untuk berbagi pengalaman, wawasan, serta pemikiran yang dipandang layak untuk disebar luaskan. Aktivitas sehari-hari penulis aktif sebagai tenaga pengajar piket pada salah satu lembaga pesantren di Kab. Bandung, serta aktif sebagai anggota Komunitas Penulis Islam

    Blogger Comment