Langkah Menghapus Jejak Aktivitas (Cookie) Browsing yang Direkam Google

Berselancar menggunakan saluran internet sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Menggunakan Browser atau perambah pencarian semisal google juga tidak bisa dipisahkan dari kegiatan berinternet. Namun tahukah anda, bahwa setiap kali kita menggunakan jasa google, mereka secara otomatis menyimpan jejak-jejak kegiatan kita? Alasan utama mereka melakukan hal itu adalah untuk menyesuaikan kebutuhan kita dengan jasa iklan yang mereka miliki.

Lantas, bisakah kita menghapus jejak riwayat berselancar kita di google? Bagaimana caranya? Ada langkah-langkah yang bisa kita tempuh untuk menghapus jejak riwayat pencarian google. Di antaranya sebagai berikut:


  1. Buka laman situs Google.com, lalu masuk ke akun Google yang saudara miliki
  2. Setelah masuk ke akun, scroll/geser layar ke bawah lalu klik menu setelan/setting,   .  
  3. Setelah menu setelan dipilih akan muncul lagi pilihan, dalam pilihan tersebut pilih menu Riwayat
  4. Setelah mengklik pilihan riwayat, anda akan masuk ke halaman Aktivitas Web dan Aplikasi. Di halaman tersebut anda pilih tombol icon titik tiga di bilah kanan atas, lalu pilih menu Opsi Penghapusan (Lihat langkah jelasnya pada Gambar)
  5. Setelah memilih tombol Opsi Penghapusan, akan muncul popup pilihan Hapus Aktivitas Web & Aplikasi. dalam menu itu, untuk menghapus seluruh jejak aktivitas kita selama menggunakan web google, pilih menu lanjutan, lalu pilih tombol Sepanjang Waktu. setelah memilih tombol Sepanjang Waktu, klik tombol HAPUS.
  6. Selesai. Sekarang jejak aktivitas kita yang direkam google telah bersih. Selamat mencoba!!

SHARE ON:

Penulis berusaha menulis di blog ini untuk berbagi pengalaman, wawasan, serta pemikiran yang dipandang layak untuk disebar luaskan. Aktivitas sehari-hari penulis aktif sebagai tenaga pengajar piket pada salah satu lembaga pesantren di Kab. Bandung, serta aktif sebagai anggota Komunitas Penulis Islam

    Blogger Comment

0 comments:

Posting Komentar

Renungan
Ada Konsekuensi logis yang berlaku di setiap permasalahan yang kita ambil. Orang yang sadar akan makna konsekuensi, tindakannya tidak akan lepas dari kontrol pertimbangan yang matang. Setidaknya, tindakannya tidak berakhir dengan penyesalan.
Komentar saudara yang sarat dengan nilai, akan menjadi sumbangan berharga bagi penulis dan pembaca lainnya.